Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa tersebut dikenal sbg pusat pengusaha kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo-Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, dan lain-lain namun saat ini telah beralih ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan eksterior cafe, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan logam semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yakni munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi website cukup menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surakarta. Tdk cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solok.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam namun AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya akan dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tidak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari kotamobagu. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode guna membuat kerajinan kuningan yang ber-quality dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar