Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Konawe

Perajin Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Konawe . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg pusat industri seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Cepogo mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, alat merebus air, & sebagainya walau demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior cafe, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Negara Kita & luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website cukup membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tidore kepulauan. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bekasi.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan harus inovatif & harus memantau permintaan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak cuma meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel namun sudah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak cuma satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari bima. Dengan bekal pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin tahu cara guna memproduksi seni kuningan yang berkualiti & sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar