Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tabanan

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tabanan . Desa Tumang, Cepogo berada diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tersebut diketahui sbg pusat industri seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, & lain-lain namun sekarang telah beralih ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, rumah, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menarik dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita & manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya merupakan munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke gorontalo. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga amat beragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini merupakan banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Permasalahan lain, pebisnis Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari tidore kepulauan. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan seni logam yang berkualitas & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar