Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Indramayu

Industri Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Indramayu . Desa Tumang, Boyolali berada di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa Tumang tersebut disebut sebagai sentra industri seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Tumang mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lainnya tapi sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan dekorasi restoran, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan meningkatnya orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka akan membantu para industri kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sorong. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, perajin Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan harus kreatif juga harus menyesuaikan selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tak hanya memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel namun sudah merambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sorong. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan seni tembaga yang bermutu juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar