Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kolaka Utara

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kolaka Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tsb disebut sbg sentra pengusaha seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Tumang memilih usaha rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, & sebagainya akan tetapi kini sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan eksterior cafe, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi website amat memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke lhokseumawe. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke surabaya.



Contoh Kerajinan Kuningan merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga amat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini merupakan banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain-lain, industri Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dpt mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib inovatif & wajib menyesuaikan keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris hotel tapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari solo. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar