Minggu, 08 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Serang

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Serang . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Kampung tersebut dikenal sbg sentra perajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai pasar. Skill mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, & sebagainya akan tetapi masa ini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan buat keperluan asesoris masjid, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka akan membantu para pengrajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website cukup membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palu.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dpt mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yg digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib inovatif & wajib memantau permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel tapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari lhokseumawe. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik untuk menghasilkan seni tembaga yg bermutu & sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar