Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Sijunjung

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Sijunjung . Kampung Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung tersebut diketahui sbg pusat pengrajin seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Beberapa saudara di sana memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, ceret, dan lainnya tapi kini sudah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi hotel, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin menolong para perajin kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi internet menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke pariaman. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Seni Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain-lain, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan harus kreatif dan harus menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun sudah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak hanya satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari ambon. Dengan modal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk membuat kerajinan kuningan yang berkualiti dan sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar