Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sarolangun

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sarolangun . Kampung Tumang, Jawa Tengah posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, serta sebagainya akan tetapi kini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan buat keperluan dekorasi hotel, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke tidore kepulauan. Tidak cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan cukup bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, pengusaha Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib inovatif serta wajib memantau keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak cuma mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan asesoris kantor tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak cuma satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari kupang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni logam, AA Gallery semakin mengetahui cara guna menghasilkan seni logam yang ber-quality serta sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar