Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Asahan

Perajin Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Asahan . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sbg pusat pengusaha seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo membangun kerja rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, serta lain-lain walaupun demikian sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat keperluan asesoris restoran, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di NKRI serta manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka akan menolong para pengrajin kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi website cukup menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke kutai kartanegara. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai design sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus kreatif serta harus memantau keinginan masyarakat. Saat ini AA Gallery tak sekadar memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari medan. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode guna membuat seni tembaga yang berkualiti serta cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar