Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tengah

Ahli Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tengah . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra ahli seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family di sana membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan sebagainya walaupun demikian sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris masjid, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan munculnya teknologi cyber. Dgn munculnya teknologi website maka mau membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website sangat membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke makassar. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Seni Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk hanya menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior kantor namun telah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari jakarta utara. Bermodal pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik untuk menghasilkan kerajinan logam yang bermutu dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar