Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Mappi

Bisnis Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Mappi . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal . Kampung tersebut diketahui sbg sentra pengrajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak pasar. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, juga sebagainya tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan tembaga buat keperluan asesoris restoran, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya permintaan, baik permintaan daerah atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga semakin signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet amat memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke sukabumi. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kediri.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan amat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari daerah lain tentu auto dikenai ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dpt meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah namun telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari sibolga. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham teknik untuk memproduksi kerajinan tembaga yg berkelas juga sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar