Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Luwu

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Luwu . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra produsen kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Cepogo-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, and lainnya tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan dekorasi hotel, rumah, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta and luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi internet cukup memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke ternate. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan cukup bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini ialah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pengusaha Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat meraih harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan harus inovatif and harus menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tak cuma meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari baubau. Dengan bekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yang memiliki kualitas and cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar