Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Aceh Singkil

Bisnis Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Aceh Singkil . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai sentra perajin kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, and lain-lain akan tetapi sekarang sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior cafe, gedung, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai bergairah dg meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita and manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya ialah adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi website maka mau menolong para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi website sangat menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke prabumulih. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kendari.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ialah banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya auto ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lainnya, ahli Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga harus inovatif and harus memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk sekadar meraih permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tetapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekadar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari bukit tinggi. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode guna membuat seni kuningan yang berkualiti and cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar