Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Aceh Barat

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Aceh Barat . Kampung Tumang, Cepogo terletak di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb dikenal sebagai sentra produsen seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga di sana membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, dan lain-lain tapi kini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menggeliat dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website amat memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pasuruan. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke probolinggo.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan amat beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini adalah lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini semestinya harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya auto dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif dan diharuskan memantau selera konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekedar meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari kediri. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni logam, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan seni logam yang memiliki kualitas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar