Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Seni Logam Melayani Pasar Kota Serang

Produsen Seni Logam Melayani Pasar Kota Serang . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat bisnis kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, juga sebagainya akan tetapi masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan ornamen cafe, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka akan menolong para pengrajin kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website begitu menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke magelang. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yakni beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lainnya, perajin Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat meraih harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan memantau keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tdk hanya meraih permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari bima. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode untuk membuat seni kuningan yang berkelas juga sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar