Minggu, 08 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Tapin

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Tapin . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa tersebut dikenal sbg pusat perajin kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Jateng membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, teko, and lainnya namun sekarang ini telah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, rumah, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, baru-baru ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di NKRI and manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah and banyak negara. Teknologi internet sangat menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke malang. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Pembeli juga dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan sangat beraneka ragam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini merupakan banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain, ahli Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan inovatif and diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor tapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari bukit tinggi. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna memproduksi seni logam yang bermutu and cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar