Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ngada

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ngada . Kampung Tumang, Jateng posisinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung tsb disebut sebagai pusat produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Cepogo-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, and lain-lain tapi masa ini sudah berganti ke kerajinan kuningan buat kebutuhan ornamen cafe, rumah, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jateng, saat ini, mulai menarik dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Tercinta and luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.



Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yakni beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus kreatif and harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekadar meraih orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekadar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari salatiga. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk memproduksi seni kuningan yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar