Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Lebong

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Lebong . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut disebut sbg pusat bisnis seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, juga lainnya tapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat keperluan ornamen cafe, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Republik Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka mau menolong para ahli kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi internet menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palopo. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke mataram.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga bermacam-macam tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yakni lebih dari satu variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari daerah lain sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam harus kreatif juga harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tak sekedar mendapat orderan kerajinan logam yg dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor namun sudah merambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari denpasar. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham cara untuk membuat kerajinan tembaga yg berkualitas juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar