Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bangka Barat

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bangka Barat . Perkampungan Tumang, Jateng terletak di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Cepogo membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, & lain-lain tetapi sekarang telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior masjid, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita & manca negara. Permintaan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke bontang. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke batu.



Contoh Seni Kuningan yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya rancangan pribadi lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja auto dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Problem lain, pengusaha Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak hanya meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari singkawang. Berbekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat seni logam yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar