Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Siak

Industri Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Siak . Desa Tumang, Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Desa Tumang tsb dikenal sebagai sentra perajin seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Beberapa family di sana membangun kerja rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg menceritakan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, juga lain-lain namun kini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan buat keperluan interior restoran, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dg naiknya orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Indonesia juga manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para industri kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bandaaceh. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki desain sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam begitu beragam namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi disebabkan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu saja harganya jg murah disebabkan bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus kreatif juga harus menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak hanya mendapat orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak hanya satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari jambi. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat kerajinan logam yg berkualiti juga cocok yg diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar