Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Perajin Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai pusat perajin seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga sebagainya akan tetapi sekarang telah beralih ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan ornamen restoran, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke batam. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini merupakan banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga wajib kreatif juga wajib menyesuaikan keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari denpasar. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah paham cara guna menghasilkan seni tembaga yang berkualiti juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar