Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Dompu

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Dompu . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah logam didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, & sebagainya akan tetapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan interior hotel, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai bergairah dg naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita & luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya adalah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi website membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke ternate. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke padang panjang.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini adalah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib inovatif & wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Kini AA Gallery tdk hanya meraih orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari solok. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk memproduksi kerajinan logam yang bermutu & cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar