Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bulungan

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bulungan . Kampung Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut disebut sebagai sentra pengrajin seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali. Banyak saudara di sana membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, juga sebagainya akan tetapi masa ini telah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris cafe, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, kini, mulai menarik dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet amat menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke cilegon. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Seni Kuningan ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat mendapat harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera konsumen. Sekarang AA Gallery nggak sekedar mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari kotamobagu. Dengan modal pengalaman puluhan th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk menghasilkan seni kuningan yg ber-quality juga sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar