Minggu, 08 Maret 2020

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Musi Banyuasin

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Musi Banyuasin . Desa Tumang, Jawa Tengah terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb disebut sbg sentra bisnis seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu family di sana memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, & lainnya walaupun demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan asesoris restoran, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bengkulu. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pontianak.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini yakni banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau selera prospek. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor tetapi telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari bandaaceh. Bermodalkan pengalaman puluhan thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham cara guna membuat kerajinan kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar