Minggu, 08 Maret 2020

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Sawah Lunto

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Sawah Lunto . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tersebut diketahui sbg pusat industri seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lain-lain walaupun demikian masa ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dgn naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi website amat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tual.



Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga amat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif dan diharuskan memantau selera konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekadar menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekadar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari pasuruan. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengerti teknik guna membuat seni logam yang berkelas dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar