Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Jepara

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Jepara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut dikenal sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, & lain-lain akan tetapi kini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga buat keperluan asesoris restoran, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di NKRI & luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke sukabumi. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke cilegon.



Contoh Kerajinan Kuningan ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt punya design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan kuningan cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini ialah lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam wajib kreatif & wajib memantau permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak cuma mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel tetapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari balikpapan. Bermodal pengalaman puluhan th menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode untuk membuat seni tembaga yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar