Minggu, 08 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Bantaeng

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Bantaeng . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Desa tsb dikenal sbg sentra bisnis seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara di sana membangun usaha di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, & lainnya akan tetapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan dekorasi restoran, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita & luar negeri. Orderan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka ingin membantu para perajin kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah & berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke manado. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke banten.



Contoh Seni Kuningan ialah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya design sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Antara lain ini ialah beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya tentu saja akan dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain-lain, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tak sekedar menerima pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari padang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah paham metode untuk membuat seni logam yang berkelas & cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar