Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Cirebon

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Cirebon . Desa Tumang, Jawa Tengah berada di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa tersebut dikenal sebagai pusat bisnis seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & lainnya namun sekarang telah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai memberi harapan dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita & manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jayapura. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.



Contoh Seni Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga beragam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif & diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Kini AA Gallery tdk cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk cuma satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari solok. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar