Minggu, 08 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Takalar

Industri Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Takalar . Desa Tumang, Jateng berada di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa tersebut disebut sebagai pusat pengusaha seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, juga lain-lain walau demikian masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan eksterior masjid, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, masa ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan logam meningkat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke madiun. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke karawang.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal karena bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dapat menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan harus inovatif juga harus memantau keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak sekadar menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior kantor tapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari pangkal pinang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin paham cara untuk membuat seni tembaga yang berkualitas juga sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar