Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Murung Raya

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Murung Raya . Kampung Tumang, Cepogo lokasinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal . Kampung Tumang tsb disebut sebagai sentra ahli seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, & lain-lain tapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior cafe, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita & luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke ambon. Tak sekedar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kupang.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lainnya, pengusaha Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan selera prospek. Saat ini AA Gallery nggak sekedar menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah namun sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari bima. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara guna memproduksi kerajinan logam yang berkelas & sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar