Minggu, 08 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Blora

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Blora . Desa Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa tersebut disebut sebagai sentra pengrajin kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, dan sebagainya walau demikian kini sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn naiknya orderan, baik orderan daerah dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke salatiga.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya semestinya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak hanya mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari yogyakarta. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna menghasilkan seni kuningan yang bermutu dan cocok yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar