Minggu, 08 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Indragiri Hilir

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Indragiri Hilir . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg pusat bisnis seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lainnya tapi saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dengan naiknya orderan, baik orderan nasional maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website cukup memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke medan. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dapat punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup beraneka ragam tapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini ialah beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak cuma mendapatkan orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak cuma satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari tarakan. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna menghasilkan kerajinan logam yg bermutu dan sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar