Minggu, 08 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Maybrat

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Maybrat . Desa Tumang, Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa tsb disebut sebagai sentra produsen kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Beberapa family Boyolali-Jateng memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, & lain-lain akan tetapi sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior hotel, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, saat ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan tembaga semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tangerang. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan.



Contoh Kerajinan Logam yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan begitu bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya tentunya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lainnya, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga harus inovatif & harus memantau keinginan masyarakat. Kini AA Gallery tdk hanya meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari batu. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara guna memproduksi seni logam yang berkualiti & sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar